6 Cara Early-Stage Startup Mendapatkan Traction Pertama

Banyak founders dari startup pasti pernah mengalami hal ini. Setelah produk jadi dan beta test sudah selesai dijalankan ternyata belum ada satupun user yang menggunakan produk anda. Kesulitan mendapatkan user atau traction pertama ini merupakan salah satu masalah yang sering ditemukan apalagi ketika para founders baru pertama kali membangun startupnya.





Namun jangan berkecil hati, masalah ini bisa diselesaikan dengan beberapa cara. Cara-cara ini merupakan cara yang efektif juga apalagi jika para founders terkendala budget.


Berikut adalah beberapa cara yang para founders bisa ikuti untuk mendapatkan user pertama.


1. Bangunlah Audiens Anda


Cara ini adalah cara yang paling sering dipakai oleh para pembisnis dan pendiri startup. Namun, banyak early-stage startup founder belum menggunakan cara ini. Walaupun cara ini sedikit menyita waktu dan juga tenaga, namun cara ini telah terbukti menjadi salah satu cara paling low-cost dan juga efektif menarik perhatian calon user.


Anda bisa memilih platform yang paling baik untuk komunitas atau audiens anda. Seperti podcast, youtube, Instagram, atau mungkin juga Discord. Buatlah program dan juga konten-konten yang menarik sehingga calon user anda bisa menjadi user anda.


2. Partisipasi dalam Forum dan Komunitas Bisnis


Pastinya banyak diluar sana para founders yang juga sedang mengembangkan bisnis dan juga startup mereka. Para member dalam komunitas dan forum ini sangat memahami struggle dari seorang founder. Biasanya para member ini akan senang untuk membantu anda mengembangkan bisnis anda. Jika anda aktif dalam sebuah komunitas maupun forum bisnis, anda bisa dengan mudah mengenalkan produk anda. Anda juga bisa meminta feedback agar produk anda bisa lebih berkembang.


3. Gunakan SEO sebaik mungkin


SEO merupakan salah satu tools dengan low-cost yang terbukti dapat meningkatkan customer dengan rate yang tinggi. Jika anda belum memahami SEO, jangan khawatir, sekarang sudah banyak kursus gratis yang mampu meningkatkan kemampuan anda dalam membuat SEO untuk website anda. Konten anda juga harus menarik sehingga calon user anda bisa tertarik menggunakan produk anda.


4. Mendapatkan kontrak untuk sebuah proyek


Salah satu cara anda bisa mendapatkan traction pertama untuk startup anda yaitu mengikuti proyek-proyek. Selain bisa meningkatkan traction, cara ini bisa memperluas jaringan dan juga portfolio startup anda sehingga bisa menarik lebih banyak perhatian dari calon user. Anda bisa mendapatkan kontrak dengan aktif mencari di platform-platform seperti platform Up & Deal by Up Liv. Klik disini untuk lihat proyek apa yang paling cocok untuk startup anda.


5. Tawarkan versi gratis dari produk anda


Siapa yang tidak menyukai segala sesuatu yang bersifat gratis? Tentu saja hampir semua orang menyukai free service. Anda bisa menggunakan cara ini untuk menarik perhatian user. Anda bisa membuat gratis konsultasi, free trial untuk periode tertentu, maupun free basic fitur. Jika user sudah tertarik dengan fitur gratis anda maka besar kemungkinan untuk user ini terkonversi menjadi paying customer.


6. Email Newsletter


Anda bisa menaruh pop up dalam website anda maupun freebies menarik seperti e-book dimana para calon user bisa mendaftarkan email mereka. Setelah itu, anda bisa membuat email newsletter yang menarik setiap minggu atau setiap bulannya agar mereka tertarik mencoba produk anda. Cara ini juga menjadi salah satu cara yang terbukti ampuh untuk menarik calon user dan juga pelanggan.



Memang anda harus banyak bersabar karena mencapai 100 user pertama merupakan perjalanan yang panjang dan juga melelahkan. Namun jangan putus asa, karena pada akhirnya usaha tidak akan mengkhianati hasil. Tetap semangat para founders, Up Liv kini hadir untuk solusi anda. Banyak